Beatles, Pelopor Teknik Recording Masa Kini !
22 July 2022
admin

Wah, kalo baca judulnya seakan2 berlebihan ya ?

Tapi tidak, Beatles memang inovatif bukan hanya dalam penciptaan lagu tetapi juga saat recording !

Udah banyak cerita dimana para anggota Beatles dan tentunya produser dan engineernya (George Martin, Norman Smith & Geoff Emerick dll), melakukan banyak eksperimen yang belum pernah dilakukan musisi era sebelumnya.

Sebagai contoh, saking perfeksionisnya, John Lennon bisa ‘meledak’ kalo rekaman kurang sesuai dengan harapannya ?

Dan saya buat artikel ini karena Beatles adalah salah satu dari 2 grup musik yang pertama saya dengar (selain Queen) sewaktu saya mulai mendengar musik (kelas 1 SMP waktu itu), jadi karena Beatles (dan Queen) lah, saya cinta musik ?

Cerita tentang proses rekaman mereka sangat beragam, karena jumlah album mereka banyak !

CD audio Beatles yg saya punyai ada 13 album, kali ini saya batasi bahas 2 album pertama saja yaitu ‘Please Please Me’ & ‘With The Beatles’. Dua album awal Beatles di studio Abbey Road ini saja sudah revolusioner dalam teknik recording. Ok ?

Oh ya, sampai tahun 1964, studio Abbey Road menggunakan mixer EMI REDD.37. Ada 4 channel pada console ini dan ada EQ di setiap channelnya. Pada 17 Januari 1964, kira-kira saat album ke-3 Beatles dibuat, mixer ini diganti dengan EMI REDD.51 yang power amplifiernya lebih baik. Berikut ini video ttg console EMI REDD.37 yang legendaris : https://www.youtube.com/watch?v=tGATE2k3DFk Selain itu, alat rekam 2 track (BTR3) di ganti dengan 4 track yaitu Studer J37 ini

Gimana ? Ada yang mau ditambahin ? Btw di album ke-3 dst ada banyak teknik rekaman yang unik dari Beatles seperti automatic double tracking, flanger dll…

Share Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

ARTIKEL LAINNYA