OMG! Plugin ini Bakal Bikin Mixing Engineer Gak Laku
17 June 2022
admin

Halo ArtSonica Friends!

Tahukah kamu?
Secara umum, Neutron 4 merupakan plugin dengan kecerdasan buatan yang dimana mendengar data mentah kita seperti apa dan akan menyarankan settingan mixing yang baik dan benar seperti apa.

Misalkan.
ada data mentah, kemudian ada bus/group (supaya dapat diproses secara bersamaan), menggunakan DAW cubase, dan punya 3 track terpisah. 3 track tersebut digabungkan terlebih dahulu menjadi satu group.
Kemudian, kita masukkin track tersebut ke dalam satu folder atau map (tujuannya agar lebih teratur dan rapi). Selanjutnya baru digunakan neutron 4 sebagai plugin nya di bagian track. Neutron 4 memiliki trial yaitu 10 hari.

Untuk tampilan awal,
kita bisa ke ‘assistant view’ di cubase, lalu set play, dan dia akan otomatis mendengarkan dan menebak track (contoh: track drum). Inilah kelebihan dari plugin kecerdasan buatan, kalau kecerdasan alami tidak bisa menebak itu bunyi track apa.

Sebenarnya kita juga bisa meletakkan per track dari drumnya, misalkan bagian-bagian yang pentingnya saja. Hasil pada bunyi akan jauh lebih berkarakter. Enaknya, juga bisa diatur-atur lagi dan biarkan apa adanya yang sudah muncul dari neutron nya.

Jadi,
Neutron ini punya compressor, dll yang menambahkan plugin-plugin sesuai bunyi yang ada. Ada juga fitur re-learn untuk mempelajari ulang vocal atau backing vocal pada track vocal untuk menemukan apakah ada artefak atau tidak.
Plugin ialah robot, sehingga tentu masih dibutuhkan manusia untuk mengolah, tidak bisa semuanya dilakukan oleh robot (buatan).

Kesimpulannya,
apapun itu hasilnya, itulah hasilnya neutron 4. Di neutron 4 juga terdapat settingan-settingannya yang dapat kita ubah lagi. Jadi sebenarnya dia juga fleksibel yaitu sudah dibantu 50% mixingan-nya kita. Sisa 50%nya lagi, kita mixing sendiri.

Share Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

ARTIKEL LAINNYA