Tips ACOUSTIC TREATMENT dan SOUND PROOFING untuk STUDIO RECORDING
17 March 2022
admin

Halo ArtSonica Friends,

Accoustic treatment sangatlah penting dalam sebuah proses rekaman yang tentunya berpengaruh dalam menghasilkan kualitas rekaman yang baik.

Pada sebuah studio baik home studio ataupun studio professional biasanya bunyi yang kita dengar saat bekerja bukan hanya bunyi yang keluar dari speaker namun juga gabungan dari pantulan dari dinding-dinding yang ada di studio. Perbedaan antara bunyi yang terpantul dinding dan tidak sangat berbeda.

Lalu timbul pertanyaan bagaimana untuk memaksimalkan acoustic treatment tersebut?
Ruangan berbentuk sebenarnya adalah ruangan yang paling tidak ideal untuk sebuah studio mengapa? Karena ada dinding yang saling berhadapan satu sama lain begitu terdapat bunyi yang dikeluarkan oleh speaker maka kemudian dapat menyebar ke segala arah. Lantas bagaimanakah studio yang ideal ? ada yang disebut sebagai reflection free zone yaitu ruangan yang meminimalkan pantulan sehingga pada posisi sweet spot kita tidak mendengar bunyi pantulan dari ruangan.

Masalah pada studio yang berbentuk kotak tersebut disebut sebagai Room Modes
Situasi bunyi yang terjadi akibat ada dinding yang saling berhadapan. Untuk mengatasi ini kita harus melakukan kalkulasi dengan menggunakan kalkulator dari Amroc. Lalu kamu masukkan dimensi dari ruangan kamu.

Pantulan pertama ke dinding kita minimalisir ada tiga alat akustik yang dapat melakukannya yaitu dengan diffuser, absorber juga dengan bass trap.

Diffuser adalah perangkat yang menyebabkan suara yang terpantul ke dinding menjadi tersebar ke segala arah. Prinsip sebuah diffuser adalah menciptakan sebuah alat akustik yang permukaannya tidak seragam.

Absorber adalah perangkat yang menyebabkan suara yang terpantul menjadi terserap dan tidak dipantulkan perlu diingat terlalu banyak absorber menyebabkan suara mid-high menjadi terlalu banyak terserap. Sehingga bunyi yang terdengar menjadi kurang bright.

Bass Trap adalah perangkat yang cara kerjanya seperti absorber hanya saja untuk suara Low. Biasanya kita gunakan disudut ruangan. Karena suara frekuensi lo terkena sudut ruangan yang terjadi adalah menggandakan bunyi akhirnya menyebabkan bunyi menjadi semakin banyak.

Share Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

ARTIKEL LAINNYA