Tips MIXING BASS untuk Speaker Kecil
14 March 2022
admin

Halo ArtSonica Friends,

Kali ini kita akan membahas bagaimana melakukan mixing Bass untuk speaker kecil.
Biasanya saat melakukan mixing kita melakukan nya dengan menggunakan speaker yang full range yaitu frekuensi low nya sangat low begitupun dengan frekuensi high maka akan sangat high. Hal ini dikarenakan kita ingin sedetail dan sejujur mungkin music yang kita buat.

Kita menggunakan contoh dengan speaker Fluid Audio FPX 7.
Namun pada kenyataannya semua orang yang mendengarkan music yang kita produksi, menggunakan speaker yang relative murah. Sehingga terkadang kita memerlukan keahlian ekstra saat melakukan mixing dengan speaker tersebut terutama yang relatif kecil.

Kuncinya adalah kita melakukan generate harmonic dari bass itu.
Maksudnya, di alam ini setiap bunyi yang terbentuk selain fundamental frequency Misal not yang dibunyikan nada E adalah 41 Hz untuk Lownya jadi saat bunyi itu terbentuk dan kita mendengarkan di speaker kecil maka bunyinya menjadi tidak terdengar. Namun di alam ini bunyi yang terbentuk tersebut bukan hanya fundamental frequency tetapi ada harmonic nya atau kelipatan dari fundamental frequency yang oktaf nya lebih tinggi.

Ada suatu fenomena psycho Accoustic yaitu cara telinga mendengar.
Ketika kita mendengar bass lengkap bukan hanya content frequency nya saja, sehingga kita butuh plugin yang dapat men generate atau memperkuat frekuensi harmonic dari bass tadi.

Kita menggunakan plugin Wave MaxxBass.
Yang tujuannya adalah memperkuat seperti penjelasan tadi. Saya menggunakan playback device dari apogee duet. Speaker kecil tadi saya input colok secara on board pada laptop. Kemudian untuk menaik turunkan harmonic bass tadi lakukan pada panning Maxx Bass.

Share Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

ARTIKEL LAINNYA