Cara Gila Produksi Musik
24 February 2022
admin

ArtSonica Friends… produksi musik itu gak mudah, banyak kendala untuk dapatkan hasil yang bagus atau bahkan untuk hasilkan yang standar saja, apalagi kalau alat-alat kita terbatas.

Banyak yang bilang bahwa untuk menghasilkan musik dengan kualitas yang bagus itu harus membeli alat-alat yang mahal. Kami TIDAK SETUJU ! Kadang-kadang dengan ā€˜kreativitasā€™, kita bisa ā€˜mengakaliā€™ alat yang ada untuk menghasilkan musik bagus.

Tentu saja kami SETUJU bahwa untuk produksi musik yang bagus, alat-alat mahal itu sangat membantu, tapi jangan jadikan itu tembok penghalang di pikiran kita, maksimalkan apa yang kamu punya sekarang !

Produksi Musik untuk Agnes Monica :

Dahulu, musik yang Agus Hardiman produksi untuk Agnes Monica dibuat dengan komputer Pentium4 RAM 2GB dan soundcard SBLive seharga Rp350.000 dan speaker Simbadda Rp125.000. Ini dia bunyi musiknya :

Untungnya, Agnes Monica dan manajemennya tidak tau kalau Agus Hardiman bikinnya bukan di studio pro tapi di kamar yang cuma 2 x 3 meter

Musik ini yang tadinya hanya dibuat untuk keperluan live show Agnes Monica, ternyata juga dijadikan theme song sinetron Agnes yang berjudul sama dan diputar setiap minggu selama 39 episode.

Senang banget Agus Hardiman, hanya berbekal alat rekam seadanya dan ā€˜kreativitasā€™, karya saya di apresiasi oleh banyak pihak. Ternyata kreativitas bisa menutupi keterbatasan alat.

Gara-gara lagu di atas, saya diberi kesempatan untuk memproduksi satu lagu baru di album baru Agnes dan ini bikin saya menang AMI Award sebagai ā€˜Produksi Karya Terbaikā€™.

Nah untuk tambah meyakinkan ArtSonica Friends, saya bertanya pada teman-teman engineer maupun producer tentang cara unik dan gila mereka saat bikin musik, moga-moga menjadi sumber motivasi untuk pantang menyerah dengan keadaanmu sekarang :

Sound sample ā€˜Burning Pianoā€™ dibuat oleh Diego Stocco, salah satu sound developer dari perusahaan Spectrasonic yang didirikan Eric Persing. Sound ā€˜Burning Pianoā€™ ini ada di VST Omnisphere dan ini cara menyamplingnya :

Arman a.k.a ArizerXion yang rekam vokal dengan iPad3 yang didapat sebagai hadiah lomba film pendek BPK RI

Berkaryalah dengan memaksimalkan alat-alat yang kamu punya sekarang !

Ada lagi cara gilamu saat produksi musik?

Share Artikel Ini

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

ARTIKEL LAINNYA